Desa Pancasila Pintu Gerbang Pendakian Gunung Tambora - tamboratrekking

Desa Pancasila Pintu Gerbang Pendakian Gunung Tambora

Gunung Tambora terletak di wilayah Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gunung Tambora menjadi salah satu pilihan ...


Gunung Tambora terletak di wilayah Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gunung Tambora menjadi salah satu pilihan favorit selain Gunung Rinjani, Yuk, simak info seputar Gunung Tambora hingga jalur yang dapat dipilih saat melakukan pendakian!

Terdapat empat jalur pendakian resmi di Gunung Tambora. Keempat jalur pendakian tersebut antara lain jalur Pancasila, Doro Ncanga, Oi Marai, dan Piong. Untuk diketahui, jalur Pancasila dan Doro Ncanga berada di wilayah Kabupaten Dompu, sementara jalur Piong dan Jalur Oi Marai berada di wilayah Kabupaten Bima

Keempatnya sama-sama memiliki keunikan dan keindahan serta tantangan medan tersendiri. Simak ulasan jalur pendakian Gunung Tambora berikut ini

1. Jalur Pancasila

Jalur pendakian Pancasila terletak di Desa Pancasila, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Jalur ini menjadi jalur utama yang sering digunakan para pendaki karena memiliki medan yang cukup sulit dan dengan jarak tempuh selama 3 hari pendakian dua malam.

Selain itu, jalur Pancasila merupakan satu-satunya jalur yang memiliki top puncak yang tak bisa ditemui dengan jalur-jalur lainnya. Itulah sebabnya, jalur Pancasila menjadi jalur yang paling banyak diminati.

"Jalur Pancasila memiliki karakter jalur lebih ke vegetasi hutan, di sana hutan-hutan tropis dengan melewati kebun kopi milik warga. Jarak tempuhnya bisa 3 hari dua malam dengan lima pos juga satu-satunya jalur dengan top puncak.

Disqus
Blogger

Out Trusted Partners

Lorem Ipsum is simply dummy text. Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s.

  • Professionally designed themes
  • Choose from professionally designed themes
  • Themes that work across all devices
  • From professionally designed themes that work across