Taman Nasional Gunung Tambora - tamboratrekking

Taman Nasional Gunung Tambora

T aman Nasional Gunung Tambora jadi spot menarik untuk liburan. Banyak daya tarik yang bisa membuat wisatawan merasa betah. Wisata Gunung Ta...


Taman Nasional Gunung Tambora jadi spot menarik untuk liburan. Banyak daya tarik yang bisa membuat wisatawan merasa betah. Wisata Gunung Tambora Sumbawa memang cocok untuk para pecinta tantangan ekstrem.

Taman Nasional Gunung Tambora merupakan tempat wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Pulau Sumbawa.

Berbeda dengan gunung lain, di sini pengunjung bisa memilih jalur pendakian sesuai jalur yang ada. Sepanjang perjalanan mendaki gunung, para pendaki bisa melihat keberagaman flora dan fauna di Taman Nasional ini. Mulai dari spesies burung, serta pesona lain.

Seperti apakah daya tarik Taman Nasional Gunung Tambora ini? Yuk simak selengkapnya ya.

Daya Tarik Gunung Tambora

1. Mendaki Gunung Tambora

Bagi pecinta alam, mendaki Gunung Tambora jadi kegiatan sangat menyenangkan. Gunung ini punya ketinggian sekitar 2.851 meter di atas permukaan laut.

Ketika dalam perjalan mendaki, kamu akan melihat pemandangan alam yang luar biasa indah. Selain itu, sesekali kamu akan berjumpa dengan satwa yang tinggal di kawasan gunung ini.

Ada 4 jalur pendakian yang bisa kamu pilih. Yakni Doronganca, Piong, Kawinda Toi dan Pancasila. Uniknya, setiap jalur pendakian punya karakteristik berbeda.

2. Kawah Gunung

Jika berkesempatan ke Gunung Tambora, jangan lupa datang ke kawah gunung ini. Tahukah kamu bahwa kawah Gunung Tambora menjadi kawah paling besar di Indonesia.

Ukuran kawah ini adalah 7 km, keliling 8 km dan kedalaman kawah 800 meter. Kawah ini terbentuk sekitar 200 tahun lalu.

3. Jungle Tracking

Aktivitas lain yang sangat disukai oleh para pengunjung Gunung Tambora adalah Jungle Tracking. Kondisi alam Gunung Tambora begitu sejuk dan nyaman. Jadi kamu bisa berjalan-jalan dengan nyaman.

Tak hanya hutan, tapi ada keindahan padang sabana di kawasan ini. Contohnya adalah taman savana doronganca. Ini merupakan salah satu jalur pendakian Gunung Tambora.

4. Berkunjung ke Pulau Moyo

Jangan sampai melewatkan Pulau Moyo. Pulau ini punya panorama pemandangan yang indah. Pantai yang berpadu dengan air laut jadi pemandangan menawan.

Di tengah pulau ini ada desa adat. Dulu desa ini bernama Istana Kesultanan Sumbawa. Lalu ada pula air terjun bertingkat di Pulau Moyo.

5. Berolahraga

Bagi pengunjung yang punya hobi ekstrem, silahkan mencoba olahraga panjat tebing, paralayang, offroad dan masih banyak lagi. Adrenalin kamu akan tertantang ketika mencoba beberapa permainan yang ekstrem itu.

6. Berwisata Air

Di kawasan Taman Nasional Gunung Tambora juga ada wisata air. Kamu bisa jelajahi Sungai Oi Marai. Sungai ini biasanya dijadikan sebagai tempat beristirahat bagi para pendaki. Di sekitar sungai juga ada air terjun yang indah. Kamu bisa bersantai sambil menikmati keindahan air terjun ini.

Akses dan Fasilitas

Jika ingin datang ke Taman Nasional Gunung Tambora, kamu bisa lewat jalur darat. Perjalanan dimulai dari Kota Mataram selama 13 jam.

Dari Mataram, kamu bisa menuju ke Dompu. Setelah itu naik Kapal Feri sekitar 11 jam. Dari Dompu ke Kore kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam.

Jika kamu ingin ke Pos Kawinda Toi, kamu perlu melanjutkan perjalanan lagi selama 2 jam dari Kore.

Pihak pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas bagi pengunjung. Adapun fasilitas yang bisa kamu temukan adalah jalur pendakian, pos pendakian, dan fasilitas olahraga.

Tak hanya itu, ada juga warung makan, tempat kemah, mushola, penginapan, dan sebagainya.

Kamu bisa mencoba jalur pendakian eksklusif dengan naik jeep atau motor trail. Jalur eksklusif baru ini ada dua jalur. Kamu bisa lewat Desa Piong di Kecamatan Sanggar, Kab Bima dan Doroncanga di Kab Dompu.

copy@gotravelaindonesia.com

Disqus
Blogger

Out Trusted Partners

Lorem Ipsum is simply dummy text. Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s.

  • Professionally designed themes
  • Choose from professionally designed themes
  • Themes that work across all devices
  • From professionally designed themes that work across